Welcome T0 My Blogger and enjoy your Journey :) , Tweet : @mas_ibal , Instagram : @ball_iq and joined

Senin, 02 September 2013

Sawarna Beach, The Hidden Paradise In Banten, Indonesia


Pantai Sawarna adalah satu dari 7 keajaiban Nusantara, tetapi belum banyak orang yang mengetahui tentang keberadaan pantai ini. Sawarna merupakan daerah wisata pantai yang masih alami dan asri. Pantai ini berada di sebuah desa pesisir yang memiliki berbagai macam objek wisata menarik, di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten. Pantai ini berkaitan dengan kisah mistis Nyai Roro Kidul dan eksploitasi batu bara di Bayah dan Lebak oleh penjajah.

Pantai Sawarna dikelilingi oleh lautan, pegunungan dan persawahan. Inilah yang menjadi daya tarik Pantai Sawarna bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Sawarna menyajikan pantai yang landai dengan pasir putih yang bersih. Di sepanjang bibir pantai terdapat karang besar yang indah yang oleh masyarakat sekitar biasa disebut Tanjung Layar. Di balik Bukit Cariang, disinilah tersembunyi pantai yang indah, Sawarna Beach, The Hidden Paradise In Banten, Indonesia.


Beberapa goa di sekitar pantai ini juga merupakan salah satu tujuan wisata yang ada disini, seperti Goa Lalay, Goa Sikadir, Goa Cimaul, Goa Singalong dan Bukit Pasir Tangkil. Gua di sawarna merupakan gua karst (batu gamping) yang terbentuk dari masa Miosen awal.

Bagi anda yang suka berselancar, anda harus mencoba berselancar disini, karna Pantai Sawarna menawarkan ombak yang cukup menantang para peselancar.



Ada beberapa tempat yang tidak boleh anda lewatkan saat berkunjung ke Sawarna, yaitu Tanjung Layar, Karang Taraje, dan Goa Lalay.

1. Tanjung Layar


Tanjung Layar merupakan dua buah karang sangat besar yang berdiri kokoh menyerupai gapura di atas pantai yang hanya dipisahkan oleh garis dengan langit

2. Karang Taraje



Karang Taraje merupakan karang yang tinggi dan jika ombak sangat besar, deburnya bisa pecah dan memercik tinggi. Sebagian limpahan airnya mengalir dan jatuh di balik karang. Jika dilihat akan tampak menyerupai air terjun.

3. Goa Lalay



Caving atau susur goa adalah salah satu olahraga yang diminati pecinta alam. Di Sawarna, kita bisa menikmati olahraga ini menyusuri Goa Lalay. Untuk caving terbagi dua jenis, yaitu semi caving dan full caving, yang bedanya ada di waktu, jarak tempuh dan peralatan yang digunakan.

1 komentar: